STRATEGI CIREBON SMART CITY

Strategi atau kebijakan  untuk mencapai tujuan kesatu : terwujudnya tata kelola dan tata pamong pemerintahan daerah yang efektif, efesien dan komunikatif adalah :

  • Meningkatkan kualitas layanan publik;
  • Meningkatkan efisiensi manajemen birokrasi; dan
  • Meningkatkan partisipasi publik dalam penyusunan kebijakan dan arah pembangunan.

Strategi atau kebijakan  untuk mencapai tujuan kedua :  meningkatnya daya saing daerah dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional adalah :

  • Membangun dan memasarkan ekosistem pariwisata (Tourism branding);
  • Membangun platform dan memasarkan ekosistem bisnis daerah (Business branding); dan
  • Membangun dan memasarkan wajah kota (City apprearance branding).

Strategi atau kebijakan  untuk mencapai tujuan ketiga : terwujudnya ekosistem yang mendukung aktifitas ekonomi masyarakat adalah

  • Membangun ekosistem industri yang berdaya saing;
  • Mewujudkan kesejahteraan rakyat; dan
  • Membangun ekosistem transaksi keuangan.

Strategi atau kebijakan  untuk mencapai tujuan keempat : terwujudnya lingkungan tempat tinggal yang layak tinggal, nyaman dan efesien adalah

  • Harmonisasi tata ruang wilayah;
  • Meyediakan prasarana kesehatan yang berkualitas; dan
  • Menyediakan transportasi publik yang nyaman.

Strategi atau kebijakan  untuk mencapai tujuan kelima : terwujudnya ekosistem sosio-teknis masyarakat yang humanis dan dinamis adalah

  • Mewujudkan interaksi masyarakat yang efisien (community);
  • Membangun ekosistem belajar yang efisien (education); dan
  • Mewujudkan sistem keamanan masyarakat (security).

Strategi atau kebijakan  untuk mencapai tujuan keenam : terwujudnya tata kelola lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan adalah

  • Melindungi ekosistem penting dan mengembalikan kawasan lahan kritis;
  • Mengelola limbah dan sampah; dan
  • Penghematan energi.