CIREBON – West Java Swimming Championship Series I dan Wijaya Open 2022 berlangsung di kolam renang Catherine Surya, komplek Stadion Madya Bima, Kota Cirebon, Jumat (15/7/2022).

Ratusan atlet renang dari berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali ikut dalam kejuaraan ini. 

Kejuaraan renang tersebut terdiri dari kelas 1500 meter Freestyle, 800 meter Freestyle, 400 meter Individual Medley, 200 meter Breaststroke, 100 meter Butterfly, 50 meter Freestyle, 50 meter Backstroke 4×100 meter Medley Relay. 

Kelompok umur yang dipertandingkan yakni KU grup V (9 tahun ke bawah), KU grup IV (10-12 tahun), KU grup III (12-13 tahun), KU grup II (14-15 tahun) dan KU grup senior (16 tahun ke atas). Kejuaraan renang diikuti 475 atlet dari 72 klub renang.

Kota Cirebon Jadi Tuan Rumah West Java Swimming Championship Series I dan Wijaya Open 2022

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati berharap dengan kejuaraan seperti ini akan muncul banyak talenta muda atlet potensial.  Sehingga terlahir atlet renang muda seperti Catherine Surya di kolam renang ini.

“Ini merupakan tonggak bagi para atlet muda agar mempunyai motivasi yang tinggi untuk terus berlatih guna meraih prestasi maksimal,” kata Eti usai membuka kegiatan ini.

Eti mengaku bangga Kota Cirebon menjadi tuan rumah dalam kejuaraan lomba tingkat Jawa Barat. Hal ini membuktikan Kota Cirebon layak dijadikan tempat untuk kejuaraan tingkat nasional. 

“Sebuah kebanggan bagi Kota Cirebon. Semoga bisa mengadakan kejuaraan yang lain,” ujarnya.

Kota Cirebon Jadi Tuan Rumah West Java Swimming Championship Series I dan Wijaya Open 2022

Ia berpesan kepada para atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding. Terlebih setiap atlet membawa nama baik orang tua, klub renang dan daerahnya. 

“Semoga dapat mencetak bibit atlet renang. Dan ingat, junjung tinggi sportivitas,” katanya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon, Drs. Sutikno, A.P., M.Si.,  mengungkapkan, West Java Swimming Championship merupakan even kejuaraan renang tingkat Jawa Barat. Sementara Wijaya Open merupakan kegiatan yang digagas Wijaya Swimming Club. 

“Kami jadikan satu untuk melihat sejauh mana kemampuan atlet renang asal Kota Cirebon,” katanya.

Setelah seluruh kelas selesai dipertandingkan, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat akan melakukan evaluasi. Dengan harapan atlet berprestasi asal Jawa Barat ikut dalam even seperti Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

“PRSI Jawa Barat akan seleksi atlet renang berprestasi dari Jawa Barat yang layak dilibatkan dalam even nasional,” katanya.

Sumber : http://www.cirebonkota.go.id/

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).