CIREBON – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon membuka workshop membatik kepada masyarakat umum, di ruang Potret Kita (Pojok Kreatif Asah Talenta) Kantor DKUKMPP.

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman, S.IP., M.Si., menjelaskan, kegiatan ini bermaksud untuk membuka kegiatan selama libur sekolah atau waktu senggang.

DKUKMPP Buka Workshop Membatik untuk Masyarakat

“Workshop ini menggandeng perajin batik yang ada di Kota Cirebon, salah satunya perajin batik Barokah Jaya Batik Kriyan dengan pemiliknya yaitu Eulis Komariyah,” kata Iing.

Iing berharap, workshop ini menjadi daya tarik bagi masyarakat Kota Cirebon untuk bisa lebih mencintai kearifan lokal, salah satunya batik yang merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan.

“Bagi kalangan milenial, ini menjadi aktivitas baru atau kegiatan mengisi liburan sekolah. Selain berkumpul dengan keluarga atau teman,” katanya.

DKUKMPP Buka Workshop Membatik untuk Masyarakat

Kegiatan rutin yang sudah berjalan sejak awal 2022 ini, kata Iing, mendapat respons baik dari masyarakat. Bahkan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

“Kami bersyukur mendapat respons baik. Makanya kita rencanakan tidak hanya membatik, tetapi ada melukis, membuat cinderamata, pembuatan kue, sampai teknik make up,” jelasnya.

 

DKUKMPP Buka Workshop Membatik untuk Masyarakat

Salah seorang pelajar yang ikut serta workshop, Naila Amanatul Maula mengaku senang, karena bisa ikut membatik selagi sekolah belum aktif belajar mengajar.

“Seneng bisa ikut, karena bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Selain mendapat pengalaman baru, kita juga bisa mendapat teman baru,” kata pelajar SMAN 2 Kota Cirebon itu.

Sumber : http://www.cirebonkota.go.id/

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).