RTIK Kota Cirebon Periode 2021-2025 Dilantik, Diharapkan Ikut Edukasi Masyarakat

CIREBON- Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota Cirebon periode 2021-2025 resmi dilantik, di ruang Adipura Balai Kota Cirebon, Jumat (19/11/2021).

Pelantikan disaksikan langsung Wakil Wali Kota Cirebon, Dra.Hj. Eti Herawati dan jajaran Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon.

“Selamat untuk ketua RTIK dan seluruh pengurus yang baru. Semoga bisa bersinergi dengan instansi di Kota Cirebon,” ungkap Eti.

Ia berharap, pengurus baru secepatnya membentuk struktur hingga di tingkat kelurahan. Pasalnya, banyak program di SKPD, termasuk kecamatan dan kelurahan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang paham digitalisasi.

RTIK Kota Cirebon Periode 2021-2025 Dilantik, Diharapkan Ikut Edukasi Masyarakat

“Nanti bisa terintegrasi seluruhnya, sehingga masyarakat mudah mendapatkan informasi,” ujarnya.

Pengurus yang baru, lanjut Eti, harus bisa mengedukasi masyarakat dalam penggunaan internet. Di era digitalisasi, masyarakat dituntut menguasai teknologi informasi. Agar ke depan, tidak ada lagi masyarakat yang terkendala dalam mengakses informasi.

“Silakan para kepengurusan agar dapat membangun basecamp di setiap kelurahan dan kecamatan,” kata Eti.

RTIK Kota Cirebon Periode 2021-2025 Dilantik, Diharapkan Ikut Edukasi Masyarakat

Sementara itu, Ketua RTIK Kota Cirebon, Bayu Purnama Ramadhan mengaku, akan melanjutkan program yang sudah berjalan dengan baik dan memaksimalkan kinerja para pengurus yang baru.

“Sesuai permintaan dari pemda, kami akan maksimalkan kinerja anggota melalui literasi digital,” ungkapnya.

Bayu menjelaskan, di era transformasi digital ini, RTIK Kota Cirebon akan melakukan penguatan di sejumlah segmen, diantaranya literasi digital yang mengacu pada aturan Kementerian Komunikasi (Kemenkominfo).

Namun sebelum pelaksanaannya, terlebih dahulu akan dilakukan pelatihan kepada para anggota. Tujuan untuk meningkatkan kemampuan sebelum terjun ke masyarakat.

“Dalam waktu dekat, para anggota RTIK akan kita beri pelatihan dahulu, agar saat terjun ke masyarakat dapat memberikan edukasi yang baik,” katanya.

Sumber : http://www.cirebonkota.go.id/

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).