Wali Kota Cirebon Ajak Teladani Semangat Rela Berkorban Pahlawan

CIREBON – Wali Kota Cirebon mengajak seluruh masyarakat untuk melanjutkan semangat rela berkorban para pahlawan. Keragaman yang ada di Indonesia jangan sampai jadi pemecah persatuan.

Peringatan Hari Pahlawan 2021 tingkat Kota Cirebon digelar di halaman Balai Kota, Rabu (10/11/2021). Upacara dipimpin langsung oleh Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., yang kemudian membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini.

Wali Kota Cirebon Ajak Teladani Semangat Rela Berkorban Pahlawan

“Ratusan tahun kita terpecah belah karena politik adu domba penjajah,” tutur Azis. Selanjutnya pendiri bangsa ini pun menyadari bahwa dengan membangun identitas sebagai saudara sebangsa dan setanah air, persatuan akan tercipta. “Lidi yang kuat akan sulit dipatahkan. Sekalipun kita berbeda-beda, tapi tidak dipecahkan oleh perbedaan,” tutur Azis.

Semangat persatuan dan enggan dijajah kembali yang melatarbelakangi terjadinya pertempuran 10 November 1945 yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. “Pertempuran di Surabaya harus jadi contoh. Dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah sekalipun banyak keterbatasan,” tutur Azis.

Wali Kota Cirebon Ajak Teladani Semangat Rela Berkorban Pahlawan

Jiwa dan semangat pantang menyerah ini yang harus diteladani. “Para pahlawan juga rela mengorbankan segalanya, jiwa dan raga untuk kemerdekaan negeri tercinta,” tutur Azis. Semangat tersebut menurut Azis tidak hanya dikenang namun harus dilanjutkan oleh seluruh elemen bangsa saat ini.

Kondisi tersebut, lanjut Azis, sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini yaitu Pahlawanku Inspirasiku. Dengan semangat para pahlawan, pantang menyerah dan rela berkorban ditambah inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, maka bangsa Indonesia memiliki potensi besar untuk melawan kemiskinan dan kebodohan.

Wali Kota Cirebon Ajak Teladani Semangat Rela Berkorban Pahlawan

“Marilah, dengan penuh keikhlasan kita bersama-sama memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan masing-masing,” tutur Azis.

Ditambahkan Azis, 20 tahun mendatang Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Pada masa tersebut akan terdapat banyak tenaga kerja produktif. Namun disisi lain ada pula kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan. “Ini harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Semangat wirausaha harus senantiasa digelorakan.

Pada kesempatan itu turut diberikan penghargaan kepada atlet berprestasi dari Kota Cirebon. Mereka telah menyumbangkan medali pada penyelenggaran PON di Papua beberapa waktu lalu.

Sumber : http://www.cirebonkota.go.id/

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).