Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon raih penghargaan sebagai Kota Sangat Inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Wali Kota minta inovasi terus ditingkatkan untuk memberikan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Kemendagri hari ini, Jumat, 18 Desember 2020. “Pada dasarnya setiap inovasi atau terobosan itu untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan,” ungkap Azis.

Namun tidak hanya itu, inovasi yang dilakukan perangkat daerah juga untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Cirebon.  Namun Azis tetap berpesan agar setiap perangkat daerah tidak berpuas diri. “Kembangkan terus berbagai inovasi untuk kemajuan pembangunan di Kota Cirebon,” tegas Azis.

Anugerah Innovative Government Award 2020 digelar di salah satu hotel di Jakarta. Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj Eti Herawati, mewakili Pemda Kota Cirebon menerima penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam kategori Kota Sangat Inovatif Tahun 2020. “Alhamdulillah. saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia atas penghargaan ini,” ungkap Eti.

Eti juga menghaturkan terima kasih kepada perangkat daerah di Kota Cirebon yang telah melakukan berbagai inovasi hingga diganjar penghargaan sebagai Kota Sangat Inovatif tahun 2020. “Terus berinovasi, cari terobosan lainnya tanpa meninggalkan kearifan lokal,” ungkap Eti.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPPD), Iing Daiman, S.Ip., M.Si., menjelaskan sebelumnya Pemda Kota Cirebon telah mengikuti sejumlah tahapan secara online untuk mengikuti ajang penghargaan ini.

“Sejumlah terobosan kita kirimkan, seperti Kontes Curhat, Cirebon Satu Data, Cirebon Mata Hatiku dan lainnya,” ungkap Iing. Iing juga bersyukur sejumlah terobosan yang dilakukan oleh perangkat daerah di Kota Cirebon diganjar dengan penghargaan sebagai Kota Sangat Inovatif tahun 2020.

Pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 didasarkan pada UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah No 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah serta Permendagri No 104 tahun 2018 pasal 16 tentang Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif Inovasi Daerah.

“Aturan tersebut memberikan ruang kepada pemerintah daerah, baik Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota untuk menghadirkan sejumlah inovasi sesuai dengan kewenangan dan tanpa meninggalkan kearifan lokal,” ungkap Sekjen Kemendagri, Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si.

Innovative Government Award (IGA) 2020 diikuti oleh pemerintah provinsi, pemerintah kota dan pemerintah kabupaten di Indonesia. Terdiri dari 89,3 persen atau sebanyak 484 daerah dengan jumlah inovasi yang terlaporkan sebanyak 14.897 atau meningkat 85 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 8.014 inovasi.  Adapun daftar inovasi Pemda Kota Cirebon yang dilaporkan ke Kemendagri dalam rangka penilain inovasi sebagai berikut:

  1. Cirebon Satu Data (CSD)

CSD adalah aplikasi yang inovatif dalam penyediaan dan pencarian data yang terintegrasi dari seluruh perangkat daerah,Instansi Vertikal, Perbankan, BPS, Perguruan Tinggi, BUMN/BUMD dan lain-lain serta mempercepat memperoleh data sebagai bahan membuat kebijakan.

https://satin.cirebonkota.go.id

  1. Kantor Kula (Kerja Terintegrasi Tanpa Kertas lan ATK)/E-Office

Implementasi dari Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 47 Tahun 2019 tentang Tata Naskah Dinas Elektronik Merupakan inovasi terkait penatausahaan dan pelaksanaan urusan kantor dengan meminimalisasi penggunaan kertas dan ATK.

http://kantorkula.cirebonkota.go.id

  1. Cirebon “Mata Hatiku” (Memantau Kota Penuh Bahagia dengan CCTV-ku)

Penyediaan CCTV ke akses publik oleh Pemerintah, perusahaan dan stakeholders yang terkoneksi dengan Cirebon Command Center utntuk meningkatkan rasa aman dan nyaman di masyarakat.

  1. GEMPAR DI CIREBON (Gerakan Membangun Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan di Kota Cirebon)

Melalui aplikasi ini masyarakat mempunyai kemudahan akses untuk menyampaikan usulan dimana dan kapan saja sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan serta kualitas perencanaan pembangunan lebih baik lagi.

http://gempar.appdevel.cirebonkota.go.id

  1. Layanan Kedaruratan Cirebon Siaga 112

Integrasi layanan kedaruratan dalam nomor panggilan darurat 112, sehingga apabila ada kejadian gawat darurat masyarakat cukup menghubungi nomor kontak 112 yang kemudian akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait (RS, Layanan Ambulance, Polisi, Damkar, BPBD, dll) oleh operator.

Website resmi : http://siaga112.cirebonkota.go.id

  1. KONTES CURHAT CIREBON (Konseling Tentang Segala Hal : Media Curhat Offline dan Online)

Layanan Konseling melalui Aplikasi online dan Offline yang dilakukan oleh para konselor yang meliputi : konseling masalah Kesehatan, Hukum, Agama, Sosial dan Psikologi untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Sumber : http://www.cirebonkota.go.id/

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).