CIREBON- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendorong akselerasi pengembangan kota sebagai destinasi wisata budaya unggulan di Jawa Barat. Pemkot Cirebon melaksanakan berbagai kegiatan wisata unggulan antara lain Cirebon Travel Mart, Launching Cirebon Tourism on Bus (Citros) dan kegiatan Cirebon Xpose 2019.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai melakukan pembukaan Cirebon Expose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival di depan Gedung BAT, Sabtu (2/3) malam. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sultan Kasepuhan XIV, PRA Arief Natadiningrat, SE,Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi, Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno, S.IP, M.Si, dan ratusan tamu lainnya. Eti mengatakan Cirebon Xpose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival merupakan rangkaian Cirebon City Festival 2019.

“Sebagaiman kita ketahui bersama, Kota Cirebon sedang memfokuskan program pengembangan bidang pariwisata. Pariwisata merupakan sektor terpenting dalam pembangunan daerah Kota Cirebon,” ungkap Eti.

Eti menambahkan selain penggerak ekonomi kegiatan pariwisata telah menjadi isu strategis untuk lokomotif pembangunan daerah. Perkembangan pariwisata Kota Cirebon yang cepat dan pesat akan dikelola dengan perencanaan matang dan terpadu. Tentu perencanaan yang matang dan terpadu dapat memberikan dampak positif yang maksimal.

“Hal ini seiring upaya pembangunan dalam memajukan masyarakat Kota Cirebon sesuai dengan akselerasi pencapaian visi dan misi Kota Cirebon 2018-2023. Yakni mewujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” ujar Eti.

Seiring dengan pembangunan Pariwisata Kota Cirebon diluncurkan tagline City Branding yatu Cirebon The Gate of Secret. Hal ini sesuai Keputusan Wali Kota Cirebon Nomor 430/K6p. -DKOKP/2O19 tentang penetapan Branding di Kota Cirebon.

“Terkandung dalam makna The Gate Of Secret adalah segala sesuatu yang ada di Kota Cirebon terkait seni, budaya, adat istiadat sampai relief dan bangunan memiliki filosofis yang dalam. Dimana makna filosofisnya menggambarkan arti yang mendalam perjalanan kehidupan manusia di dunia,” tandas Eti.

Sementara Ketua Pelaksana yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, SIP, MSi, mengatakan kegiatan Cirebon Expose 2019 Dan Cirebon Creative Fashion Carnival merupakan kegiatan akselerasi pengembangan Kota Cirebon sebagai destinasi Wisata Budaya unggulan di Jawa Barat.

“Kami memperkenalkan kesenian dan produk-produk UMKM yang dimiliki oleh Kota Cirebon kepada masyarakat,” ujar Iing.

Iing menambahkan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada Sabtu 2 Maret 2019 hingga Minggu 3 Maret 2019 di Depan Gedung BAT, Jalan Pasuketan Kota Cirebon.

Pameran menampilkan 13 Stand UMKM Kota Cirebon. Selain itu penampilan kreasi seni berupa kesenian angklung, topeng, kuda lumping, debus, sintren, brai, tarling, tari tangan seribu,fashion show, drama musical, palagan galuh dan Branding Kota Cirebon. Puncaknya akan tampil kreasi seni berupa barongsai, Cirebon Creative Fashion Carnival diiringi Angklung PWY dan Gardu Musik.

“Berdasarkan pantauan sejak pagi (Sabtu red) terbukti sudah ribuan warga masyarakat yang menyaksikan pameran serta berbagai kesenian. Mereka datang dari dalam dan luar Kota Cirebon bahkan wisatawan dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung dan Jateng,” tandasnya.

Sumber : http://cirebonkota.go.id

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).