CIREBON- Pj Wali Kota Cirebon melaunching Sistem Aplikasi Mobile Kepegawaian (Sampean) dan website Smart City. Aplikasi tersebut diminta digunakan sebaik-baiknya untuk menunjang kinerja PNS.

“Jangan sampai sekarang sudah dilaunching tapi tidak dimanfaatkan,” ungkap Pj Wali Kota Cirebon, Dr.H. Dedi Taufik, M.Si, saat pelaksaaan acara Pengambilan Sumpah dan Penyerahan SK PNS, Pelepasan PNS Purnabaki Periode Agustus 2017 dan Juni 2018 serta Launching Aplikasi Sampean dan Website Portal Smart City di salah satu hotel di Kota Cirebon. Karena itu Dedi meminta agar aplikasi yang berisi pendataan yang terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian ini benar-benar dimanfaatkan oleh PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip., M.Si., menjelaskan jika aplikasi Sampean sudah bisa diunduh di playstore android. “Melalui aplikasi tersebut bisa mengecek kehadiran, tunjangan yang diberikan, berapa yang dipotong dan data kepegawaian lainnya. “Namun saat ini baru by person, artinya baru memantau data diri sendiri,” ungkap Iing. Namun ke depannya DKIS akan merancang jika apliasi Sampean juga bisa digunakan seorang atasan untuk memantau kehadiran dan kinerja bawahannya. “Tapi ini bukan absen online,” ungkap Iing. Karena logikanya, kehadiran itu di kantor.

Untuk website smart city, setiap orang di seluruh Indonesia saat ini bisa membuka website tersebut. “Tinggal buka smartcity.cirebonkota.go.id ,” ungkap Iing. Sejumlah fitur ditampilkan di website tersebut terkait Kota Cirebon sebagai smart city pun bisa dilihat. “sedangkan untuk jaringan, kami juga sudah menyediaan free wifi corner di beberapa titik,” ungkap Iing.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon, H. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si., menyambut baik dilaunchingnya aplikasi Sampean tersebut. “Ini sebuah keharusan. Kita harus memberikan satu layanan yang cepat, tidak bisa lagi dibikin lambat,” kata Anwar. Terlebih aplikasi ini bisa diunduh melalui telefon berbasis android yang sehari-hari digunakan.

Aplikasi Sampean sendiri menampilkan 4 fitur informasi kepegawaian. Dimulai dari biodata yang terdiri dari profil, pangkat dan riawayat pekerjaan, absensi secara real time termasuk prediksi tunjangan tambahan pegawai (TPP) yang diterima pada bulan berjalan, dokumen elektronik dan pencarian data pegawai.

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).