CIREBON-Bertempat di Sekretariat RTIK Kota Cirebon, Sabtu (12/5) Relawan TIK Kota Cirebon gelar pertemuan diskusi bersama Refleksi perjalanan RTIK Kota Cirebon selama setahun.

Kegiatan tersebut diisi dengan acara Syukuran Harlah 1 Tahun RTIK Kota Cirebon sekaligus menyambut Bulan Ramadhan.

Acara di isi dengan silaturahmi, kenalan anggota baru, penyerahan seragam RTIK baru, pemaparan program dan kegiatan RTIK Kota Cirebon pada bulan ramadhan, Diskusi, Potong Tumpeng, Makan Bersama dan Foto Bersama.

Terbentuknya Relawan TIK Kota Cirebon sejalan dengan lolosnya Kota Cirebon dalam assesment Smart City. Sehingga keberadaannya diharapkan dapat membantu pemerintah Kota Cirebon untuk mewujudkan Smart City. Adanya Relawan TIK juga, diharapkan agar dapat meminimalisir kesenjangan Literasi Digital di masyarakat kota cirebon.

Awal di bentuk 6 Mei 2017 di inisiasi oleh perwakilan komunitas IT, Komunitas Blogger Cirebon, Jingga Media, Perwakilan Mahasiswa Kampus IT di wilayah cirebon yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon.

16 Mei 2017 RTIK resmi memiliki pengurus. Dengan saudara Muhammad Arifin terpilih sebagai ketua umum hingga 2020. Muhammad Arifin sebelumnya adalah anggota Jingga Media sekaligus Pegiat IT yang diperbantukan di Humas Pemkot Cirebon. Tanggal tersebut disepakati sebagai momentum lahirnya RTIK Kota Cirebon.

Relawan TIK adalah komunitas IT binaan Kemenkominfo dan memiliki hirarki kepengurusan tingkat nasional. Diberbagai kota/kabupaten/provinsi juga terdapat komunitas Relawan TIK nya. Ditingkat daerah, maka Relawan TIK menjadi binaan Diskominfo stempat. Di Kota Cirebon, dalam hal ini DKIS lah yang menjadi pembina.

Anggota Relawan TIK Kota Cirebon terdiri dari berbagai kalangan/latar belakang yang memiliki kemauan dan kemampuan dalam menggunakan IT, Relawan TIK kota Cirebon didominasi oleh mahasiswa, karyawan, pelajar, development IT, guru, dan komunitas. Dan saat ini Relawan TIK Kota Cirebon memiliki 50 anggota.

Bagi lembaga, komunitas atau masyarakat umum yang ingin adanya pembinaan tentang pemanfataan teknologi bisa menghubungi relawan tik untuk pemberdayaan informatika (gratis !).

Dikatakan Arifin selaku Ketua RTIK Kota Cirebon menjelaskan dalam usia setahunnya ini, RTIK akan komitmen bersama anggota RTIK agar terus terasah dengan berbagai program dan kehiatan pemberdayaan terutama dalam mensupport kegiatan Smart City untuk Kota Cirebon.

” Relawan TIK Kota Cirebon ini sebenernya tidak ada anggaran dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, Relawan TIK juga tidak digaji oleh siapapun. Jadi di usia yang baru ini kita terus berkomitmen untuk menyukseskan visi misi kita dan tentunya program smart city untuk Kota Cirebon, ” Tuturnya.

Arifin juga menegaskan relawan TIK Kota adalah komunitas IT yang sengaja dibentuk bagi orang-orang yang mau merelakan waktunya, tenaganya dan skill IT nya untuk berbagi kepada masyarakat luas demi terwujudnya masyarakat indonesia yang melek teknologi dan mempercepat akselerasi program smary city di kota cirebon.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, IIng Daiman, S. Ip.., M. Si mengucapkan selamat ulang tahun kepada RTIK Kota Cirebob yang kini sedang berulang tahun.

Iing juga sangat berterima kasih kepada RTIK karena selam ini sudah mau menjalin kerjasama dan berkolaborasi dalam memajukan Kota Cirebon untuk mewujudkan Smart City.

” Mudah-mudahan kita selalu berkolaborasi dalam memajukan Kota Cirebon ini menuju Smart City. Terima kasih atas kerjasama dan kontribusi selama ini. Mudah-mudahan langkah kita dapat Ridho dari Allah S.W.T . ” Ungkapnya.

Selain itu juga IIng berharap agar kedepan RTIK Kota Cirebon dapat terus menjaga kekompakannya, kebersamaannya dan semangatnya serta terus mampu menjaga kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kota Cirebon khususnya DKIS dengan RTIK dalam meningkatkan literasi teknologi informasi yang ada di Kota Cirebon.

Sumber: https://dkis.cirebonkota.go.id

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).