CIREBON- Dalam rangka mempercepat pelaksanaan program Smart City di Kota Cirebon, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Rabu (1/11) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) ke-empat sekaligus merupakan BIMTEK terakhir usai dilakukannya Penandatangan MoU antara Pemerintah Daerah Kota Cirebon dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) RI di Kota Makassar beberapa bulan yang lalu.

Kegiatan BIMTEK ini dilaksanakan di ruangan Adipura Kencana Balai Kota Cirebon, dengan peserta yang dihadiri oleh Tim Pelaksana Program Smart City di Kota Cirebon. Untuk menyelaraskan BIMTEK kali ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan yang tertuang pada buku master plan Smart City Kota Cirebon. Tak hanya itu seperti pada BIMTEK sebelumnya BIMTEK ke-empat pun memperoleh pendampingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip mengatakan bahwa agenda BIMTEK kali ini merupakan BIMTEK terakhir dalam rangka menyusun master plan Smart City Kota Cirebon.

“Untuk hari ini adalah BIMTEK terakhir setelah dilakukannya MoU di Kota Makassar sekaligus setelah ditetapkannya Kota Cirebon sebagai 25 Kota/Kabupaten dalam program Smart City dari KOMINFO, yang seharusnya BIMTEK terakhir ini dilaksanakan pada akhir Oktober namun, dikarenakan dari KOMINFO akhir bulan tersebut masih banyak agenda sehingga BIMTEK terakhir ini dapat dilaksana pada awal bulan November” Ujarnya.

Iing juga menjelaskan adanya BIMTEK ini diharapkan para anggota tim pelaksana Smart City Kota Cirebon dapat mengetahui program kegiatan tersebut dengan program kerja dari perangkat daerah masing-masing. Tak hanya itu, Iing menambahkan bahwa agenda BIMTEK ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan agenda pada Rabu (1/11) dilakukan BIMTEK dengan para Tim Pelaksana Program Smart City dan pada Kamis (2/11) dilakukan BIMTEK dengan para Dewan Smart City.

Selain itu, Menurut Shita Laksmi selaku Tim Pendamping Program Smart City di Kota Cirebon mengatakan selama dirinya mengikuti kegiatan BIMTEK yang dilaksanakan di Kota Cirebon dari awal hingga akhir, dirinya merasa sangat senang dikarenakan secara organisasi sudah cukup lengkap hanya tinggal menjalankan programnya saja.

“Iya saya melihat Kota Cirebon ini sudah sangat baik dan cukup bagus dalam organisasinya hanya saja tinggal menunggu waktu untuk menjalankan program-program smart city yang sudah di rancangnya,” Tutur shita.

Shita berharap agar pemahaman Smart City dapat bertambah untuk kedepannya serta permasalahan-permasalahan di Kota Cirebon dapat teratasi dengan adanya program Smart City ini.***

There are no comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).